Scratch merupakan suatu aplikasi pada komputer yang dapat membuat program sederhana secara mandiri tanpa perlu belajar mengenai bahasa pemrograman, dan lain lain. aplikasi scratch sangat berguna untuk membuat program program yang sederhana. dalam aplikasi scratch terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan untuk membuat program yang sederhana. Penggunaan aplikasinya pun mudah, siapa pun dapat membuat program melalui aplikasi ini. selain itu, aplikasi ini merupakan aplikasi yang tidak berbayar/gratis (free). sebelum kita membuat suatu program, kita perlu mengenal fungsi fungsi dari jendela scratch. berikut tampilan dari jendela scratch :
1. Tampilan Menu :- Menu Language : Berfungsi untuk memilih bahasa yang digunakan dalam membuat program sesuai dengan bahas yang kita inginkan. Dalam menu ini terdapat banyak pilihan bahasa seperti Bahasa Indonesia, English, dll.
- Menu File : Berfungsi untuk membuat, memanggil, menyimpan program. Pada menu ini terdapat 3 pilihan diantaranya, yaitu : New (membuat program baru), Load from your computer (untuk memanggil file/program yang sudah di buat dari komputer untuk ditampilkan kembali), Save to your computer (untuk menyimpan program yang telah dibuat ke komputer)
- Menu Edit : Berfungsi untuk melakukan perbaikan dalam program. Dalam menu ini terdapat beberapa pilihan seperti restore, dan turn on turbo mode.
2. Tampilan Tab (Tab Bar) :
- Tab Code : berfungsi untuk menampilkan kode, blok yang digunakan untuk membuat program. dalam tab ini, terdapat berbagai macam blok blok kode yang dapat kita gunakan. seperti :
a) motion : Berfungsi untuk memberi perintah berupa menggerakkan obyek (sprite)
b) Looks : Berfungsi untuk memberi perintah berupa pengaturan tampilan obyek (sprite)
c) Sounds : Berfungsi untuk memberi perintah berupa pengaturan suara
d) Events : Berfungsi untuk memberi perintah berupa pengaturan kejadian pada obyek (sprite)
e) Control : Berfungsi untuk memberi perintah berupa pengaturan proses yang dilakukan oleh obyek (sprite)
f) Sensing/sensor : Berfungsi untuk memberi perintah berupa pengaturan terhadap kejadian sesuai dengan sensor yang diberikan antar obyeknya. (2 sprite/lebih)
g) Operator : Berfungsi untuk memberi perintah berupa pengaturan mengenai operasi matematika, seperti penjumlahan, perkalian, dsb.
h) Variables : Berfungsi untuk memberi perintah berupa pengaturan dan penggunaan dan pelaksanaan terhadap suatu soal yang memiliki kaitan dengan variasi(variable)
i) My Blocks : Berfungsi untuk membuat perintah sendiri berupa blok kode
- Tab Costumes : Berfungsi untuk menampilkan pilihan editor dalam mengedit sprite (obyek) dengan pengaturan komposisi seperti warna, ukuran, dsb.
- Tab Sounds : Berfungsi untuk menambahkan suara pada program. Dalam tab ini, kita dapat mengatur suara yang telah ada seperti mengatur kecepatan, memberi efek, mengatur volume, dsb.
3. Skript Area : Area dari jendela scratch yang berfungsi sebagai tempat untuk menyusun blok kode.
4. Stich : Berfungsi untuk menunjukkan/memperlihatkan tampilan dari program yang dibuat.
5. Sprite Paint : Berfungsi untuk menampilkan berbagai macam sprite. Dalam bagian ini, kita dapat memilih berbagai sprite yang dapat digunakan dalam membuat program animasi, game, dsb.
6. Backdrop Paint : Berfungsi untuk menampilkan berbagai macam background (latar belakang) program. Dalam bagian ini, kita dapat memilih berbagai background yang dapat digunakan dalam membuat program animasi, game,dsb, seperti halam, area salju, dll.
7. Go and Stop : Berfungsi untuk menjalankan dan menghentikan program. Dalam bagian ini, kita dapat melihat apakah program yang telah kita buat berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan kita ataupun tidak, jika tidak kiat dapat menghentikan programnya.
Itu semua are jendela scratch dan fungsinya yang dapat kita gunakan dengan baik untuk membuat suatu program, baik itu animasi, game, dan lain lain. Setelah mengenal fungsi dari area jendela scratch, kita dapat dengan mudah mebuat suatu program yang sedrhana dan menarik.